Home » , » Cara Upload dan Edit Video di Youtube

Cara Upload dan Edit Video di Youtube

Situs web berbagi video ternama Youtube adalah sebuah situs yang juga di miliki oleh situs mesin pencarian terbesar yaitu google. Youtube dibuat oleh tiga mantan karyawan Paypal Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, pada tahun 2005 setahun kemudian situs ini di beli oleh google dengan nilai mencapai US $1,65 miliar.

Ada cerita menarik seputar pembuatan youtube, Hurley dan Chen mengembangkan ide YouTube pada bulan-bulan pertama tahun 2005 setelah mengalami kesulitan saat berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Francisco. Karim tidak datang ke pesta dan menolak pesta tersebut pernah terjadi, sementara Chen berkomentar bahwa ide YouTube tercetuskan setelah pesta makan.

Pada awal berdirinya YouTube merupakan sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006.Kantor pertama YouTube terletak di atas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California. Nama domain www.youtube.com aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya sampai sekarang menjadi situs terbesar setelah Facebook dan google. Bagimana cara upload video dan mengedit nya simak tutorialnya berikut ini :

Sebelum Anda mengedit atau mengupload video di YouTube terlebih dahulu tentu harus memiliki akun YouTube. Jika Anda sudah memiliki akun Gmail maka tinggal logg in akun YouTube dengan akun Gmail Anda. Setelah Anda masuk YouTube tampilan awal seperti gambar dibawah ini :


Tampilan gambar dasboard Youtube di atas adalah saat anda login, dimana pada sidebar kiri terdapat menu Saluran Saya, untuk upload video yang berasal dari PC atau komputer klik pada menu di pojok kanan atas, pada saat proses upload ini ada dua tipe tampilan, tampilan standart atau baru dan tampilan upload versi lama, untuk versi lama dibutuhkan waktu 2-3 menit untuk memunculkan tulisan penggungah dasar. Kenapa ada dua versi menurut analisa penulis belum bisa memberikan jawaban, namun upload video versi terbaru ini relatif lebih cepat. Gambar dibawah ini adalah tampilan versi upload di youtube.

Gambar tampilan upload video Youtube versi terbaru

Gambar tampilan upload video Youtube versi lama

Selain dua cara diatas Youtube juga menyediakan upload video / membuat video dengan 4 versi yaiu Rekaman webcam, proses ini membutuhkan fasilitas webcam di PC / Laptop. Untuk video dalam bentuk gambar bergerak atau slidebar foto klik menu slider foto. Siaran Hangouts Google+ relatif lebih rumit karena prosesnya cukup panjang. Untuk editor video adalah cara membuat video yang ingin anda edit, biasanya pilihan ini lah yang di butuhkan untuk mengedit video seperti menghapus / memotong bagian dari video yang tidak dibutuhkan sebelum di publish di Youtube. Untuk tutorial cara memasukkan link video ke psotingan blog klik disini.

Silahkan simak video tutorial berikut ini untuk penjelasan Cara Upload dan Edit Video di Youtube:

Alt/Text Gambar

3 comments:

Adi said...

Om, tolong diperjelas gambar videonya karena agak samar sehingga kurang jelas dilihat. Saya masih bingung cara mengedit videonya.

Ali said...

coba cek caranya : Di sini Mas

Hidup Sehat Alami said...

makasih kang tutorialnya