Home » » Cara Mengetahui Username dan Password Bawaan Telkom Speedy

Cara Mengetahui Username dan Password Bawaan Telkom Speedy

Mengalami gangguan Speedy seperti koneksi mati entah itu modem yang rusak, atau koneksi dari jaringan speedy mati untuk kita yang belum terbiasa tentu saja akan membuat kita panik, alhasil kita mencoba mengotak-atik sendiri modem seperti dengan menekan tombol restart kecil yang ada dibelakang modem. 

Mengotak-atik modem sebetulnya sebuah hal yang dapat di lakukan sendiri namun sebelum mengotak-atik ada baiknya kita memiliki peralatan pendukung agar kita tahu apa sebetulnya yang terjadi pada modem speedy, gunakan pesawat telephone untuk mengetahui apakah koneksi jaringan modem terkoneksi dengan jaringan modem Speedy Anda, jika mati artinya memang ada gangguan dari jaringan Speedy, untuk kasus ini Anda hanya bisa menghubungi telkom untuk meminta jaringan diperbaiki. Namun jika modem kita yang bermasalah Anda bisa melakukan perbaikan sendiri dengan catatan bukan masalah kerusakan modem namun hanya masalah setingan di modem.

Pada awal menggunakan Speedy dua kali Saya mengalami gangguan Speedy, gangguan nya sama yaitu jaringan Speedy tidak bisa terakses di modem yang saya miliki, namun karena ketidak tahuan akhirnya saya otak-atik dengan menekan tombol restart kecil yang ada dibelakang Speedy. Apa yang saya lakukan jelas salah karena sebetulnya kerusakan ada pada jaringan Speedy. Jadi setelah jaringan diperbaiki oleh teknisi Speedy modem tetap tidak bisa digunakan, karena menekan tombol restart artainya Anda harus mengatur ulang koneksi Speedy seperti semula yang artinya Anda harus memasukkan Username dan Password bawaan yang diberikan pada saat pemasangan speedy. Sialnya kertas yang berisi password speddy sudah tidak terbaca dengan baik alhasil password yang saya masukkan salah dan tentu saja saya harus mengontak ulang teknisi Speedy untuk datang memperbaiki, meminta password lebih pas nya. 

Jika Anda mengalami apa yang pernah saya alami, Saya akan memberikan tutorial cara mengetahui username dan password bawaan dari Speedy untuk mensetting ulang Speedy seperti semula. Password yang dimaksud disini buka password URL default Speedy. Modem yang saya gunakan TP-LINK TD-W8951ND. 

Langkah pertama lakukan setting pada komputer Anda untuk mengaktifkan Telnet, caranya masuk ke menu windows > control panel > Program, klik pada menu Uninstall a program. Klik pada menu Turn Windows Feature on or off.



Tunggu hingga muncul menu Windows Features, selanjutnya centang pada menu Telnet Client dan Telnet Server seperti pada gambar dibawah ini. 


Setelah selesai klik OK, tunggu hingga beberapa saat, setelah selesai silahkan Close saja menu Windows Feature. 

Langkah berikutnya masuk ke menu Start Windows kemudian pada menu Search ketik CMD kemudian tekan enter, setelah muncul menu cmd tulis = telnet 192.168.1.1 kemudian tekan enter. Setelah diminta password masukkan = admin



Setelah muncul tulisan TP-LINK masukkan = show all, tekan enter. Untuk URL defaultnya akan tergantung dari jenis modem yang Anda gunakan lihat dibelakang modem Anda. 


Geser kuror kebawah temukan menu PPP username dan PPP Password. Inilah password dan username Speedy Anda. Jika perlu silahkan disimpan.


Password Speedy sudah Anda ketahui, untuk mengembalikan settingan Speedy seperti semula masuk ke browser di PC Anda, tekan URL 192.168.1.1 masukkan kembali settingan Default dengan mengganti Username dan Password Speedy, jika sudah selesai Save. 

Lakukan restart pada modem Anda, tunggu sebentar hingga semua tombol di Speedy menyala. Jika sudah menyala semua modem Anda sudah siap digunakan seperti semula.

Alt/Text Gambar

16 comments:

Tikus said...

waktu masukan password "admin" di cmd gabisa min

Ali Muakhor said...

Modemnya seri apa mas?

ilman said...

Saya juga ga bisa pas masukin pass pake admin
Modem sya merek zte model P-660HN-T1 v2
Thanks min

Ali Muakhor said...

URL = 192.168.1.1
Username = user
Password = 1234



coba login mas

irfan said...

Gan kok pas saya masukin username nya malah hurup yak bukan angka-_-

Ali Muakhor said...

Modemnya seri apa sama tipe berapa?

rabsanjany said...

mas saya bukan minta pasword tapi login?? bagaimana ya??

nanonano said...

speedy mas, saya juga sama halnya dengan si tikus permasalahnya

Ali Muakhor said...

ini modemnya apa mas ?

Ali Muakhor said...

modemnya sama mas?

Mohamad Borneafandri Abulga said...

Ini sudah hampir 3 minggu internet dirumahku kadang susah buka web2 tertentu dan harus di refresh berulang2 agar bisa akses web tersebut...udah lapor ke telkom katanya dicek jaringannya gak stabil dan disuruh nunggu petugas...tapi uda 3 minggu hasilnya nihil...gk ada petugas dari telkom yg kerumah......pengennya aku reset sendiri, tapi ya itu aku lupa password bawaan dari telkom...aku pakai cara di atas, modemku ZTE aku masukin passwordnya theworldinyourhand dan bisa...tapi punyaku PPP Username dan PPP Password kok kosong ya?mungkin bisa mas bantu :)

Ali Muakhor said...

Waduh kok lama banget mas. Coba masnya kontak ke Facebook atau Twitter. Lebih hemat tdk harus telepon. responnya sama baiknya dengan via tlp, caranya lihat disini > http://kupastutorial.blogspot.com/2014/12/koneksi-speedy-mati-hubungi-telkom-via.html

Mohamad Borneafandri Abulga said...

aku uda 3 kali lapor, kata mereka suruh nunggu laporan sedang diproses....tapi ampe sekarang tetep zonk -_-

Muhamad Agus said...

kalo yg tipe zxv10 w300s paswordnya apaan gan ?

Aredazzt Ethan said...

saya modem huwawei masuk pakek admin pass admin gbs pass 1234 juga gbs gan

dadidu said...

Gan kalo modem huawei gimana ya ?
Kok waktu diketik 192.168.1.1 malah muncul is not recognized as an internal or external command,operable program or batch file