Home » » Cara Membuat Menu Page Atau Halaman di Blogspot

Cara Membuat Menu Page Atau Halaman di Blogspot

Tutorial ini adalah lanjutan dari tutorial sebelumnya yaitu Cara Membuat Menu di Blogpsot Custom, pada tutorial sebelumnya hanya di bahas menu utama namun untuk tutorial kali ini kita akan membahas khusus menu Pages atau halaman. Tutorial ini juga sekaligus untuk menjawab permintaan dari salah satu pembaca dari blog ini yaitu agan Tumbur Tambunan.

Menu Pages atau halaman sendiri adalah menu yang bersifat unik, dalam hal ini isi postingan nya dapat di tampilkan penuh dalam satu halaman biasanya isinya mencakup Home, About Me, Privacy Policy, Contact Me. Pertanyaannya apakah menu ini sangat penting jawabannya adalah penting jika Anda menggunkan blog sebagai sarana mencari uang. Seperti kita ketahui untuk bisa mendaftarkan blog kita ke Google Adsens syarat utama sebuah blog harus terdapat kontak, privacy policy namun tidak hanya itu bagi para pengiklan yang ingin memasang iklan di blog Anda tentunya dapat menghubungi Anda dengan membaca menu Kontak. 

Langkah pertama dalam membuat menu pages atau halaman ini Anda harus terlebih dahulu melihat jenis tamplate bawaan yang telah Anda instal, untuk melihatnya gampang Anda tinggal masuk ke menu Layout kemudian setelah masuk ke menu blog Anda lihat apakah terdapat menu Pages bawaan dari tempalte tersebut. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :


Jika Tempalte custom bawaan sudah terdapat menu Pages seperti gambar di atas beruntunglah Anda karena cara membuatnya sangat simpel dan di menu itulah proses untuk membuat menu pages atau halaman, cara membuatnya ikuti langkah berikut ini :

Klik menu edit di menu Pages yang terdapat pada blog Anda, menu edit terdapapt di pojok bawah selanjutnya akan muncul gambar di bawah ini: 


Langkah selanjutnya klik menu +Add external link seperti pada gambar di atas, selanjutnya Anda akan di arahkan ke menu membuat pages lihat gambar dibawah ini : 




Selanjutnya isikan menu Pages yang ingin Anda buat dalam tutorial kali ini saya gunakan contoh menu Shop, ketik menu di Pages titel. Selanjutnya klik Save. Proses selanjutnya masuk ke menu Pages di blog Anda lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya, buat menu pages atau halaman dengan mengklik New page selanjutnya isikan postinan dengan judul sesua dengan menu yangsudah kta buat sebelmnya daam contoh kali ini adaah menu pages Shop, isikan postigan sesuai dengan yang Anda kehendai setelah selesai publish pages Anda.





Perlu di ingat cara ini hanya berlaku jika menu bawan dari blog Anda sudah tedapat menu pages , tidak semua tempalte custom blogspot memilki atau di sediaan menu pages, jika menu blogspot Anda tidak terdapat menu pages maka untuk membuat menu ini Anda harus masuk ke edit HTML di blogpst Anda. caranya kurang lebih sama dengan tutorial sebelumnya atau cara membuat menu di blogspot.

Proses pembuatan menu pages Anda selesai. Seamat mencoba.
Alt/Text Gambar

5 comments:

berbagi ilmu said...

thank you !!

HPMW said...

itu header blognya ukuran berapa?

Ali said...

yang bagian mana mas?

vicry rizky said...

mas kalo template nya ga ada bawaan pages nya gimana ya

Ali Muakhor said...

Standart blogspot, apa modifikasi?