Home » » Sekilas Tentang Seo Blog dan Tutorialnya

Sekilas Tentang Seo Blog dan Tutorialnya

Apakah saya ahli dalam hal SEO ? Jawabanya adalah tidak. Lalu kenapa menulis tentang SEO? jawaban simpelnya dan bisa di terima adalah; Sebagai seorang blogger ( Baca : Nulis di blog bukan ahli blog) rasanya tidak afdol jika tidak membahas soal SEO. Hehehe...

Beberapa kawan Saya yang kebetulan pernah menggunkan jasa SEO untuk toko onlinnya mengatakan untuk jasa SEO satu kata kunci tarif yang harus dibayar sebesar 1.000.000 dengan garansi 3 bulan. Apakah harga tersebut mahal? jawabanya adalah terantung. Sebuah toko online dengan omset setelah di SEO dalam sebulan bisa mencapai lebih dari 3 juta tentunya untung. Pertanyaan yang penting di sini bagi para bloger pemula seperti Saya adalah bagimana caranya meningkatkan SEO dalam blog kita tanpa harus membayar. Jawabanya tentunya bisa, dan yang pasti butuh kerja keras dan waktu yang sedikit agak lama. Lho katanya tidak jago SEO kok bisa menjawab soal cara SEO , jawaban ngelesnya ya sekedar asal-asalan Hehehee...

Jasa SEO Profesional tentunya sudah banyak jumlahnya, Anda tinggal mencari di Google dengan kata kunci "Jasa SEO". Seorang teman saya yang membuka jasa SEO pernah berkata "Jasa SEO itu Mahal" ya karena SEO itu adalah pekerjaan yang tidak mudah dan tentunya seperti yang saya katakan membutuhkan banyak waktu dan biaya. Bagi Anda para bloger pemula seperti saya yang sedang belajar SEO saya berikan sedikit tips meningkatkan SEO blog secara gratis yang tentunya membutuhkan kesabaran dan usaha keras heheheh.

Menentukan Jenis Blog
Blog jenis apa yang akan ada SEO kan tentunya ini juga berpengaruh terhadap SEO, maksutnya di sini adalah tingkat persaingan dengan kompetior. Sebelum Anda membuat blog tentunya Anda harus melihat tingkat persaingan kata kunci yang ingin di kejar dalam blog tersebut. Untuk mengetahui tingkat persaingan Anda bisa melihat di Google Adword atau cek ke sini

Membuat Link Blog
Link blog adalah blog yang di buat dengan tujuan menuju ke blog utama. Bisa juga di katakan link blog adalah blog kwalitas kedua yang bertujuan meningkatkan blog utama. Link blog sangat beragam mulai dari blog sosial media seperti Facebook, Twitter, Linkind, Instagram dll.

Selain blog sosial media ada juga blog dalm bentuk blogspot, wordpress, tumbler dll. Dari beberapa pengalaman blog seperti Blogspot, wordpress adalah blog yang lebih baik dalam hal meningkatkan SEO blog utama setelah itu baru blog sosial media.

Membuat Artikel Yang berkwalitas
Bagaimana penilain sebuah artikel yang baik? Artikel atau konten yang baik menurut saya adalah artikel yang di tulis berdasarkan pengalaman Kita atau yang kita kuasai. Buat artikel dengan gaya bahasa kita sendiri, boleh meniru akan tetapi tulisan wajib di edit ulang dengan gaya bahas yang lain. Jika memungkinkan gunakan juga gambar yang berasal dari gambar hasil jepretan kamera kita sendiri.

Wajib di lakukan mengupdate tulisan ke blog sehari minimal sekali. Blog yang selalu update akan lebih di sukai oleh google dan cara ini sebetulnya lebih ampuh bila di bandingkan dengan membuat link blog atau SEO lainnya. Karena kebanyakan dari kita tidak sempat atau malas mengupdate inilah yang membuat kita rajin membutuhkan backlink untuk meningkatkan trafik blog. Untuk diketahui Artikel yang baik adalah yang memilik jumlah karakter kata 1000 atau minimal 500. Usahakan menulis artikel sebanyak minimal 500 kata.
  
Template Blog
Template yang baik tentunya akan sangat mempengaruhi SEO di blog Kita. Template yang baik adalah yang memiliki desain yang baik dan tentunya loading pagenya juga ringan atau mudah di akses. Bagi Anda yang bias membuka web menemukan blog untuk loading page lama tentunya kemungkina besar tidak jadi mengkases blog tersebut. 

Lalu kriteria template mana yang SEO Friendly, tentunya dengan mencoba terlebih dahulu sebuah tamplate kemudian kita akses blog tersebut. Atau bisa juga dengan melihat rekomendasi di beberapa situs penyedia blog baik gratisan maupun berbayar. Perlu di ketahui blog dengan tampilan template bagus belum tentu juga mndukung dalam hal SEO.

Semoga tulisan dalam artikel ini berguna bagi Saya dan teman-teman yang sedang belajar untuk meningkatkan SEO blog.
 
Alt/Text Gambar

3 comments:

Sandra Dewi said...

Thanks atas artikel nya sobat. Sangat bermanfaat tuk saya dan para rekan blogger. Salam Sukses Sobat kata kunci ku

Ali said...

sama sama Sobat

wsc biolo pelangsing cepat manjur said...

moga bermanfaat